PRODI MAGISTER PAI IKHTIARKAN KUALITAS MUTU MELALUI AMI DAN KEBERADAAN SEKPRODI
- Diposting Oleh Admin Web Magister PAI
- Kamis, 7 Maret 2024
- Dilihat 185 Kali
Pamekasan, Kamis 07 Maret 2024 Prodi Magister PAI menerima tamu yang berjumlah 3 orang dari tim Audit Mutu Internal (AMI) Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Madura. Mereka terdiri dari Zulaikhah, M.EI, Agung Dwi Bahtiar El Rizaq, M.Pd. dan Akhmad Farid Mawardi Sufyan, M.HI. yang tiba di gedung Pascasarjana sekitar jam 08.45. Kaprodi Magister PAI, Dr. Maimun, S.H.I., M.Pd.I menyambut kedatangan mereka dengan penuh antusias dan hormat sembari mempersilahkan untuk duduk dan menikmati hidangan di ruang dosen yang telah disiapkan dengan baik sebelumnya. Hadir membersamai Kaprodi adalah Direktur dan Wakil Direktur serta Kasubag Pascasarjana IAIN Madura. Para pengelola Pascasarjana ini memang sudah menunggu kedatangan mereka dari sebelum jam 08.00.
Setelah ramah tamah dan bincang-bincang santai, proses audit kemudian dilakukan secara formal. Dalam serimonial pembukaannya, ibu Zulaikhah yang bertugas sebagai ketua tim audit atau yang biasa dikenal dengan Lead Auditor menyampaikan bahwa proses audit ini dilakukan hanya untuk memastikan kesediaan dokuman-dokumen penting yang harus dimiliki Prodi sebagai prasyarat terjaminnya kualitas mutu Prodi. Ia menambahkan bahwa semua ini hanya untuk kebaikan dan kualitas Prodi sendiri. “Kami bertiga sesungguhnya hanya bermaksud menyempurnakan hal-hal yang sekiranya menjadikan Prodi lebih baik lagi”, tandasnya.
Menyambut stimulasi pembukaan dari Lead Auditor, Direktur Pascasarjana, Dr. Atiqullah, S.Ag. M.Pd. mengamini dan menyampaikan harapannya agar pelaksanaan audit mutu internal betul-betul membawa dampak perbaikan sehingga Prodi tertua dalam lingkungan Pascasarjana IAIN Madura ini menjadi Prodi percontohan dengan kualitas unggul. Selaras dengan harapan ini, Kaprodi Magister PAI menegaskan bahwa Prodi sangat berharap agar proses audit dilaksanakan secara detail, “silahkan telanjangi kami, cari dan sampaikan sedetail mungkin, karena sesungguhnya audit ini akan membantu kami dalam mencapai target unggul dalam akreditasi”, tambahnya.
Kegiatan audit kemudian dilanjutkan dengan wawancara dan observasi langsung atas dokumen-dokumen Prodi. Mereka menanyakan landasan kebijakan program, dokumen pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjutnya dari 9 kriteria yang dipersyaratkan oleh LAMDIK. Kaprodi sebagai penanggungjawab keprodian PAI pascasarjana menunjukkan data apa adanya, mencatat bagian-bagian yang dirasa kurang dan harus dipenuhi segera. Ia menyadari bahwa pemenuhan data-data ini sangat berkorelasi dengan kebutuhan akreditasi yang kabarnya insyaallah akan submit bulan Agustus yang akan datang.
Setelah dirasa cukup dan 9 kriteria telah dikonfirmasi semua, tim audit kemudian membuat log temuan dan meminta afirmasi Kaprodi atas semua temuan itu. Tim audit memberikan waktu perbaikan selama kurang lebih satu semester, lebih tepatnya pada bulan Juni 2024 sudah terpenuhi semua. Di antara temuan yang direkomendasikan oleh auditor adalah adanya Sekretaris Prodi sebagai bagian penting yang bisa membantu penuntasan tugas-tugas Prodi yang sangat berat dilakukan seorang diri. Dr. Maimun, S.H.I., M.Pd.I selaku Kaprodi PAI menyadari itu sebagai kebutuhan dasar yang saat ini sifatnya mendesak karena 4 Prodi dari 5 Prodi yang ada di Pascasarjana akan akreditasi secara bersamaan. Ia menegaskan, “andai saja ada Sekretaris Prodi tentu tugas keprodian ini menjadi lebih ringan. Sejauh ini yang kami rasakan sangat berat, harus memikul beban Prodi sendirian. Semoga segera ada kebijakan dan kebijaksanaan agar Sekprodi di lingkungan Pascasarjana benar-benar ditetapkan dalam waktu dekat”, pungkasnya. Para auditor dan para pimpinan yang hadir turut mengamini dengan kesadaran penuh bahwa Sekretaris Prodi seharusnya ada sekalipun tanpa ada permintaan dari keterdesakan Prodi.